Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Mendapatkan Inputan dari Keyboard

Ada banyak cara untuk mendapatkan input dari keyboard.
Dalam pembahasan kali ini, saya akan membahas dua cara untuk mendapatkan input dari keyboard.
yaitu dengan menggunakan class BufferedReader yang berada di Package java.io untuk mendapatkan keyboard.
berikut langkah-langkahnya :
1. Tambahkan di bagian paling atas code Anda :
import java.io.*;
2. Tambahkan Statement berikut :
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
3. Deklarasikan variabel String sementara untuk mendapatkan input, dan gunakan fungsi readline()
untuk mendapatkan input dari keyboard. Kemudian ketik di dalam blok try-catch:
try{
  String temp = dataIn.readLine();
  }
  catch( IOException e ){
  System.out.println(“Ada kesalahan pada Input Anda !”);
  }
Berikut Source code lengkapnya :
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;

public class InputanDariKeyboard
{
  public static void main( String[] args ){
    
    BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new 
      InputStreamReader( System.in) );

  String nama = "";  

  System.out.print("Masukkan Nama Anda :");
    
    try{
      nama = dataIn.readLine();
       }catch( IOException e ){
      System.out.println("Ada Kesalahan !");
      }

  System.out.println("hallo " + nama +"!");
  }  
}
Berikut Penjelasannya :

Statement,

import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;

menjelaskan bahwa kita akan menggunakan class BufferedReader, InputStreamReader
dan  IOException  yang  berada  di  java.io  package.  Java  Application  Programming
Interface  (API)  berisi  ratusan  class  yang  sudah  didefinisikan  sebelumnya  yang  dapat
digunakan untuk program Anda. Class-class tersebut dikumpulkan di dalam packages. 

Packages  berisi  class yang  mempunyai  fungsi  yang  saling berhubungan.  Seperti pada
contoh  di  atas,  java.io  package  mengandung  class-class  yang  memungkinkan
program untuk melakukan input dan output data. Pernyataan di atas juga dapat ditulis
sebagai berikut,

import java.io.*;

yang akan mengeluarkan semua class yang berada dalam package, dan selanjutnya kita
bisa menggunakan class-class tersebut dalam program kita.

Dua statement selanjutnya,

public class InputanDariKeyboard
{
  public static void main( String[] args ){

kita  sudah  mempelajari  pada  pelajaran  sebelumnya.  Pernyataan  ini  mendeklarasikan
class bernama GetInputFromKeyboard dan kita mendeklarasikan method main.

Dalam statement, 

BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new 
        InputStreamReader( System.in) );

kita  mendeklarasikan  sebuah  variabel  bernama  dataIn  dengan  tipe  class
BufferedReader.  Jangan  mengkhawatirkan  tentang  maksud  dari  syntax  saat  ini.  Kita
akan menjelaskannya pada akhir pembahasan. 

Sekarang, kita akan mendeklarasikan variabel String dengan identifier nama,

String nama = "";

Pernyataan di atas merupakan tempat untuk menyimpan input dari user. Nama variabel bisa anda
ganti sesuai dengan kebutuhan.

Baris berikutnya adalah memberikan output sebuah String pada layar yang menanyakan
nama user.

System.out.print("Masukkan Nama Anda :");

Sekarang, blok di bawah ini merupakan try-catch block,

try{
  nama = dataIn.readLine();
}catch( IOException e ){
  System.out.println("Error!");
}

Pada baris ini menjelaskan bahwa kemungkinan terjadi error pada pernyataan,

nama = dataIn.readLine();

Anda  perlu  menambahkan  kode  ini  untuk  menggunakan  method  readLine()  dari
BufferedReader untuk mendapatkan input dari user.

Selanjutnya kembali ke pernyataan, 

nama = dataIn.readLine();

method  diatas  memanggil  dataIn.readLine(),  mendapatkan  input  dari  user  dan
memberikan  sebuah  nilai  String.  Nilai  ini  akan  disimpan  ke  dalam  variabel  nama,  yang
akan kita gunakan pada statement akhir untuk menyambut user,

System.out.println("Hallo " + nama + "!");

JOptionPane

Cara  lain  untuk  mendapatkan  input  dari  user  adalah  dengan  menggunakan  class
JoptionPane yang  didapatkan  dari  javax.swing  package.  JoptionPane memudahkan
memunculkan  dialog  box  standard  yang  memberikan  kepada  user  sebuah  nilai  atau
menginformasikan sesuatu.

Diberikan kode berikut ini,

import javax.swing.JOptionPane;

public class InputanJOptoinPane
{
  public static void main( String[] args ){
    String nama = "";
    nama = JoptionPane.showInputDialog("Masukkan Nama Anda :");
    
    String msg = "Hallo " + nama + "!";    
    JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);
  }  
}

Ketikkan kode di atas dan lihat hasilnya !
Statement pertama,

import javax.swing.JOptionPane;

Menjelaskan bahwa kita mengimpor class JoptionPane dari package javax.swing.

Bisa juga ditulis seperti,

import javax.swing.*;

Pernyataan,
    
nama = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Nama Anda :");

membuat  sebuah  input  dialog  JOptionPane,  yang  akan  menampilkan  dialog  dengan
sebuah  pesan,  sebuah  textfield  dan  tombol  OK  seperti  pada  gambar.  Hasil  dari  dialog
tersebut adalah String dan disimpan ke dalam variabel name.

Sekarang  kita  membuat  pesan  selamat  datang,  yang  akan  disimpan  ke  dalam  variabe
msg,

String msg = "Hallo " + nama + "!";

Baris  selanjutnya  adalah  menampilkan  sebuah  dialog  yang  berisi  sebuah  pesan  dan
tombol OK,

JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Belajar mengatakan...

Kalo kepengin membuat banyak inputan melalui bufferedreader gimana?
misal input:
- nama:
- alamat:
- TTl:
- dst

Posting Komentar