Ada banyak cara untuk mendapatkan input dari keyboard.
Dalam pembahasan kali ini, saya akan membahas dua cara untuk mendapatkan input dari keyboard.
yaitu dengan menggunakan class BufferedReader yang berada di Package java.io untuk mendapatkan keyboard.
berikut langkah-langkahnya :
1. Tambahkan di bagian paling atas code Anda :
import java.io.*;
2. Tambahkan Statement berikut :
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
3. Deklarasikan variabel String sementara untuk mendapatkan input, dan gunakan fungsi readline()
untuk mendapatkan input dari keyboard. Kemudian ketik di dalam blok try-catch:
try{
String temp = dataIn.readLine();
}
catch( IOException e ){
System.out.println(“Ada kesalahan pada Input Anda !”);
}
Berikut Source code lengkapnya :
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;
public class InputanDariKeyboard
{
public static void main( String[] args ){
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new
InputStreamReader( System.in) );
String nama = "";
System.out.print("Masukkan Nama Anda :");
try{
nama = dataIn.readLine();
}catch( IOException e ){
System.out.println("Ada Kesalahan !");
}
System.out.println("hallo " + nama +"!");
}
}
Berikut Penjelasannya :
Statement,
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;
menjelaskan bahwa kita akan menggunakan class BufferedReader, InputStreamReader
dan IOException yang berada di java.io package. Java Application Programming
Interface (API) berisi ratusan class yang sudah didefinisikan sebelumnya yang dapat
digunakan untuk program Anda. Class-class tersebut dikumpulkan di dalam packages.
Packages berisi class yang mempunyai fungsi yang saling berhubungan. Seperti pada
contoh di atas, java.io package mengandung class-class yang memungkinkan
program untuk melakukan input dan output data. Pernyataan di atas juga dapat ditulis
sebagai berikut,
import java.io.*;
yang akan mengeluarkan semua class yang berada dalam package, dan selanjutnya kita
bisa menggunakan class-class tersebut dalam program kita.
Dua statement selanjutnya,
public class InputanDariKeyboard
{
public static void main( String[] args ){
kita sudah mempelajari pada pelajaran sebelumnya. Pernyataan ini mendeklarasikan
class bernama GetInputFromKeyboard dan kita mendeklarasikan method main.
Dalam statement,
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new
InputStreamReader( System.in) );
kita mendeklarasikan sebuah variabel bernama dataIn dengan tipe class
BufferedReader. Jangan mengkhawatirkan tentang maksud dari syntax saat ini. Kita
akan menjelaskannya pada akhir pembahasan.
Sekarang, kita akan mendeklarasikan variabel String dengan identifier nama,
String nama = "";
Pernyataan di atas merupakan tempat untuk menyimpan input dari user. Nama variabel bisa anda
ganti sesuai dengan kebutuhan.
Baris berikutnya adalah memberikan output sebuah String pada layar yang menanyakan
nama user.
System.out.print("Masukkan Nama Anda :");
Sekarang, blok di bawah ini merupakan try-catch block,
try{
nama = dataIn.readLine();
}catch( IOException e ){
System.out.println("Error!");
}
Pada baris ini menjelaskan bahwa kemungkinan terjadi error pada pernyataan,
nama = dataIn.readLine();
Anda perlu menambahkan kode ini untuk menggunakan method readLine() dari
BufferedReader untuk mendapatkan input dari user.
Selanjutnya kembali ke pernyataan,
nama = dataIn.readLine();
method diatas memanggil dataIn.readLine(), mendapatkan input dari user dan
memberikan sebuah nilai String. Nilai ini akan disimpan ke dalam variabel nama, yang
akan kita gunakan pada statement akhir untuk menyambut user,
System.out.println("Hallo " + nama + "!");
JOptionPane
Cara lain untuk mendapatkan input dari user adalah dengan menggunakan class
JoptionPane yang didapatkan dari javax.swing package. JoptionPane memudahkan
memunculkan dialog box standard yang memberikan kepada user sebuah nilai atau
menginformasikan sesuatu.
Diberikan kode berikut ini,
import javax.swing.JOptionPane;
public class InputanJOptoinPane
{
public static void main( String[] args ){
String nama = "";
nama = JoptionPane.showInputDialog("Masukkan Nama Anda :");
String msg = "Hallo " + nama + "!";
JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);
}
}
Ketikkan kode di atas dan lihat hasilnya !
Statement pertama,
import javax.swing.JOptionPane;
Menjelaskan bahwa kita mengimpor class JoptionPane dari package javax.swing.
Bisa juga ditulis seperti,
import javax.swing.*;
Pernyataan,
nama = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Nama Anda :");
membuat sebuah input dialog JOptionPane, yang akan menampilkan dialog dengan
sebuah pesan, sebuah textfield dan tombol OK seperti pada gambar. Hasil dari dialog
tersebut adalah String dan disimpan ke dalam variabel name.
Sekarang kita membuat pesan selamat datang, yang akan disimpan ke dalam variabe
msg,
String msg = "Hallo " + nama + "!";
Baris selanjutnya adalah menampilkan sebuah dialog yang berisi sebuah pesan dan
tombol OK,
JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);
Mendapatkan Inputan dari Keyboard
19.00 |
Langganan:
Posting Komentar (Atom)






1 komentar:
Kalo kepengin membuat banyak inputan melalui bufferedreader gimana?
misal input:
- nama:
- alamat:
- TTl:
- dst
Posting Komentar